"good deed not only with the intention but also having accompanied with science"

Sometimes we forget what we do, we assume all goodness, but don't, we only human being of habit which do not miss from wrong and sin and surely forgetting and the man who good not meaning which have never done mistake. but when wrong, they will fixing that mistake.

Seperti biasanya hari ini (kamis) aku niat puasa sunah senin/kamis, tapi sekitar jam 4 sore wawan (adikku) telpon dari rumah, dia bilang "a hari ini puasa?" aku bilang "insyaalah" kemudian spontan kata dia "cepet batalin, hari ini hari tasyrik".

Astaghfirullah, bener-bener lupa aku bahwa hari ini hari tasyrik yang memang diharamkan untuk berpuasa, karena disekitar ga ada sesuatu yang bisa dimakan langsung aja aku niat untuk ngebatalin puasaku hari ini dari pada dosa.

Tasyrik, ya kemarin hari raya iedul adha atau hari raya Kurban jatuh pada hari kesepuluh pada bulan Zulhijjah, bulan terakhir pada kalender Hijriah Islam. 10 Zulhijjah merupakan sejarah penting dalam Islam di mana Nabi Adam dan isterinya Hawa dikeluarkan dari syurga dan diturunkan ke bumi sebelum berjumpa di padang Arafah.

Hari tasyrik adalah tanggal 11, 12 dan 13 bulan Zulhijjah. Pada tiga hari itu umat Islam masih dalam suasana perayaan hari Raya Idul Adha sehingga masih diharamkan untuk berpuasa. Pada tiga hari itu masih dibolehkan untuk menyembelih hewan qurban sebagai ibadah yang disunnahkan sejak zaman nabi Ibrahim as.

Dan sekarang tanggal 12 Zulhijjah dan aku harus segera membatalkan puasaku. mudah-mudahan tidak menjadi dosa, amien

Comments (4)

On January 12, 2006 11:40 AM , Anonymous said...

Iya.. mudah2an ga jadi dosa kang, amin.

 
On January 14, 2006 11:46 AM , Unknown said...

met idul adha oge ah kang..:)

 
On December 20, 2007 5:01 AM , Anonymous said...

assalamualaikum

ya akhi abdul fatah..syukur sekali ketemu blog anda..

rasanya belum terlambat nak ucap selamat hari raya eidul adha..

saya sedang mencari jwpn mengenai puasa pada hari tasyrik dan kebetulan terjumpa blog anda..saya juga nyaris puasa loh..hehee..

anyway, feel free to visit n exchange ideas at my blog

www.misstudge.blogdrive.com

saudara nesha dari malaysia

 
On December 10, 2008 7:32 PM , Anonymous said...

Ask'm Pak.

Ya begitu juga saya. Cadang nya igin puasa sunat Khamis, lebih2 lagi di sini hari ini di negeri Selangor cuti umum. Cuma ada teman yg tegur kemarin yg hari Kamis ni haram berpuasa. Alhamdulillah ada teman2 yg perihatin. Selamat idul adha.

Salam dari saya. bahrin dari shah alam, selangor, malaysia